Pembentukan Karakter Samanera di Mahavihara Balikpapan, Kalimantan Timur ditinjau dari Kasus Ambalatthika Rahulovadda Sutta
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter bukan hal yang baru dalam model pendidikan nasional Indonesia. Setidakanya terdapat mata pelajaran yang memiliki prioritas dalam pembentukan karakter samanera, untuk membina sebagai peran samanera. Melalui pendidikan agama peserta pabbajja samanera untuk memahami nilai-nilai ajaran agama Buddha sebagai dasar untuk membentuk karakter samanera yang baik. Dengan mengikuti pendidikan agama, peserta pabbajja samanera diharapkan mampu lebih religius, toleransi dan memiliki sifat yang berbudi mulia. Dengan demikian, mata pelajaran agama yang ada pada peserta pabbajja samanera memiliki posisi strategis untuk membentuk karakter peserta pabbajja samanera berdasarkan nilai-nilai religius. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, untuk mengungkap suatu masalah dengan menggali masalah secara mendalam. Penelitian kualitatif pada hakekatnya adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti keadaan ilmiah. Penelitian ini dilakukan secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada khusus yang alamiah dan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakteristik Samanera, adalah Pendidikan strategi pembentukan menjadi dua bagian (a) Tahapan pembentukan (b) model pembentukan. Srategi yang diharapkan dapat memberikan pengaruh yang baik pada pembentukan karakteristik Samanera.
Article Details
Bodhi Bhikkhu 2009.Tipitaka, Samyutta Nikaya Kitab Suci Agama Buddha, Ed.1 Klaten: Dhammaguna,
Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta, Pustaka Utama
Depdiknas 2003. Pendidikan Agama Buddha. Jakarta. Kbk.
Irvan Hermanto. 2013. Karakter Guru. Jakarta: Alfabeta.
Margono, S.1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta,
Marzuki.1983. Metodologi Research Fakultas Ekonomi. Yogyakarta.
Muchlas. 2014. Karakter Anak. Jakarta: Mediatama
Mudya Harjo. 2015. Karakter Psikososial. Yogyakarta. Laksana
Musbaing. (2020). Educational Policy: Understanding Tri Pusat Pendidikan (Education Centers) as Efforts to Reach Educational Objectives. International Journal of Asian Education, 1(2), 53-60. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.35
Rifuddin, B., Ilham, D., & K, N. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program: The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education, 1(2), 81-94. https://doi.org/ 10.46966/ijae.v1i2.34
Saptono. 2013. Makna Karakter. Yogyakarta. Galang Press.
Siswono. 2013. Karakter Orang Dewasa. Jakarta. Media Anak
Sulalah. 2012. Penerapan Karakter Anak. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.2011. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alt.
Sugono Bhikkhu, 2015 Pandangan Agama Buddha ” Jakarta Cipta
Susanti, A., Retnaningdyah, P. ., Ayu, A. N. P. ., & Trisusana, A. . (2020). Improving EFL Students' Higher Order Thinking Skills Through Collaborative Strategic Reading in Indonesia. International Journal of Asian Education, 1(2), 43-52. https://doi.org/10. 46966/ijae.v1i2.37
Kusuma. 2011. Pengantar Karakter Jakarta: Mediatama.
Utamo Bhikkhu. 2016. Pentingnya Beragama. Surabaya. Semagi Pala
__________.2004. Kamus Umum Buddha Dharma, Jakarta. Cetia Mettha:
Warren, Jhonshon. 2014. Method of Operational. London: Publishing House.
Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.
Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.
Wijoyo, H., & Surya, J. (2017). Analisis penerapan Meditasi Samatha Bhavana di Masa covid-19 terhadap Kesehatan mental umat buddha vihara dharma loka pekanbaru. Sumber, 329.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga PAUD Di Riau. JS (Jurnal Sekolah), 4(3), 205-212.
Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.
William, Haudi, & Wijoyo, H. . (2020). Manfaat Etika dalam Berwirausaha menurut Pandangan Buddhis. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 1(1), 45-54. Retrieved from https://journal-stabdharmawidya.ac.id/index.php/contents/article/view/13
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.