Main Article Content

Budhi Dharma
Hadion Wijoyo
Nidya Sri Anjayani

Abstract

Proses belajar tidak terlepas dari peran aktif peserta didik agar terjadinya interaksi proses belajar mengajar yang lebih efektif, sehingga kegiatan kelas dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Tanpa mengesampingkan tujuan pendidikan seperti yang tertuang dalam undang-undang, bahwa untuk mengembangkan potensi diri dan spiritual keagamaan dalam diri peserta didik, sehingga pendidik juga harus memperhatikan perkembangan peserta didiknya. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, data yang berbentuk angka atau yang dipersamakan (data yang dibuat menjadi angka). Metode kuantitatif ini digunakan untuk meneliti populasi atau sampel yang telah ditetapkan. Data penelitian umumnya diambil secara acak, yang dalam pengumpulan datanya menggunakan variable penelitian, dan analisis statistik, yang akan digunakan untuk tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Kesimpulannya H0 ditolak, karena nilai thitung > ttabel dan nilai signifikansi < 0,05 yang berarti bahwa variabel faktor-faktor pendidikan (X) berpengaruh terhadap perkembangan fisik-motorik peserta didik (Y) atau dengan kata lain pendidikan sekolah minggu Buddha (SMB) berpengaruh terhadap perkembangan fisik-motorik peserta didik kelas Sati di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru.

Article Details

References
Agustina, Nora (2018). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.
Cooper, Donald R. dan Pamela S. Schindler (2017). Metode Penelitian Bisnis, Edisi Dua Belas, Buku 1 dan Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Danim, Sudarwan (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pusat Bahasa, Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hangestiningsih, Endang. et al. (2015). Diktat: Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Diambil dari: journal.ustjogja.ac.id/download/PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN.pdf
Hurlock, Elizabeth B. (-). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kemenag RI (2014). Peraturan Menteri Agama RI No. 39 tentang Pendidikan Keagamaan Buddha. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.
Priyatno, Duwi (2016). Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Republik Indonesia (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI No. 4301. Jakarta: Sekretariat Negara RI.
Republik Indonesia (2007). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55
Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.
Lembaran Negara RI Tahun 2007 No. 124. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.
Sarada, Weragoda (-). Maha Mangala Sutta Berkah Utama. Jakarta: Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsu Yusuf L.N. dan Nani M. Sugandhi (2018). Perkembangan Peserta Didik. Depok: Rajawali Pers.
Wagino, Bimo (-). Pengantar Psikologi Umum, Ed. V. Yogyakarta: Andi.
Wijoyo, H. PERANAN LOHICCA SUTTA DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DOSEN DI STMIK DHARMAPALA RIAU. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 315-322.
Wijoyo, H., & Surya, J. (2017). ANALISIS PENERAPAN MEDITASI SAMATHA BHAVANA DI MASA COVID-19 TERHADAP KESEHATAN MENTAL UMAT BUDDHA VIHARA DHARMA LOKA PEKANBARU. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 10(2), 121-130.