Main Article Content

Juminten Juminten

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di masa pandemi covid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara dan observasi. Hasil penelitian perkembangan motorik halus anak belum berkembang dengan optimal dikarenakan beberapa faktor salah satunya karena kurangnya pembiasaan yang dilakukan dirumah anak sering dibantu orang tua dalam melakukan kegiatan atau aktivitas fisik yang menekankan motorik halus dan pandemic covid 19 penyebab kurang optimalnya perkembangan motorik halusnya karena banyak yang membatasi gerak aktivitas kurangnya stimulus motorik halusnya karena orang tua kurang memahami tentang perkembangan motorik halus anak karena perkembangan motorik halus membutuhkan stimulus serta waktu untuk mengoptimalkannya melalui tahapan-tahapan yang harus dilalui. Strategi guru dalam kegiatan pembelajaran sudah cukup baik dimana setiap kegiatan dilakukan dengan memperhatikan setiap perkembangan peserta didik menyesuaikan minta dan bakat setiap anak.

Article Details

References
Atmosudirdjo, Prajudi. (1990). Pengambilan keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Arikunto, (1996). Statistik Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Ekosusilo, Madyo, Dkk. (1990). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dharma Priza.
Gunawan, Ary, H. Dkk. (1996). Administrasi Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasibuan, S. P. Melayu. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung.
Hadyaningrat, Soewarno. (1996). Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Gunung Agung.
IKIP Malang. (1996). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: IKIP malang
Kartono, Kartini. (1982). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Wali
Mangkunegara, Prabu. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Manullang.M. (1992). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nawawi, Hadari. (1997). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
--------------------. (1996). Administrasi Sekolah.Jakarta: Ghalia Indonesia.
Purwanto, Ngalim. (1996). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Saydam, Couzali. (1996). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung
Sugiyono, (1996), Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta
------------. (1997). Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutaryadi. (1993). Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Siagian. Sondang. P. (2000). Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: Bumi Angkasa.
Sutisna, Oeteng. (1983). Administrasi Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Soetopo. (1982). Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sahertian, dkk. (1982). Prinsip dan Tehnik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha nasional.
Tim Dosen MKDK IKIP Bandung. (1994). Pengelolaan Pendidikan. Bandung. IKIP Bandung.
Winardi. (1994). Manajemen Konflik. Bandung: Bandar Maju.
Wahjosumidjo. (1994). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hartono, W. J., Wijoyo, H., Wongso, F., Khoiri, A., Sunarsi, D., Kusjono, G., & Sobarna, A. (2021). Students’ Perceptions of Student Council Activity in New Normal Era at Junior High School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Series Volume, (534).
Pd, H. S., Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., & MH, M. (2020). DASAR-DASAR PENDIDIKAN. Insan Cendekia Mandiri.
Haudi, H. Y., & Wijoyo, H. (2020). Sumber Daya Manusia dan New Normal Pendidikan. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Haudi, H. Y., & Wijoyo, H. (2020). Sumber Daya Manusia dan New Normal Pendidikan. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2021). Penguatan Pendidikan Nasional Guna Menjaga Kemajemukan Bangsa Indonesia dalam Rangka Keutuhan NKRI. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2021). Manajemen Kurikulum. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, U. H. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Anak terhadap Agama Buddha.