Main Article Content

Agus Susilo
Priski Setiawan
Hadion Wijoyo

Abstract

Pendidikan merupakan proses pendewasaan peserta didik dari tidak tahu menjadi tahu. Proses pembelajaran mencakup kegiatan belajar mengajar antara guru dan peserta didik yang meliputi, karakter siswa berupa perilaku belajar siswa, sarana dan prasarana, metode pembelajaran, motivasi belajar siswa sebagai unsur-unsur pendidikan. Motivasi belajar merupakan faktor keberhasilan dalam pembelajaran yang terlihat pada nilai hasil belajar. Nilai hasil belajar adalah nilai hasil setelah mengikuti proses pembelajaran, apabila siswa memiliki nilai yang tinggi, maka memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar. Dan juga pada nilai sedang maupun rendah, sehingga siswa memiliki motivasi yang sedang dan rendah dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian menggunakan metode studi kasus yaitu dengan menyebarkan angket penelitian yang berisi pertanyaan yang mengarah pada identitas dari setiap karakter dalam agama Buddha. Jawaban responden menentukan karakteristiknya masing-masing berdasarka enam carita yaitu Ragacarita (watak keserakahan, kesenangan), Dosacarita (watak pemarah/kebencian), Mohacarita (watak kebodohan, kebingungan), Vitakacarita (watak kekawatiran), Saddhacarita (watak keyakinan/mudah percaya), dan Buddhicarita (watak kecerdasan/spiritual). Penelitian yang dilakukan telah menghasilkan bahwa berdasarkan enam karakter diatas yang berpengaruh sehingga memiliki hubungan terhadap motivasi belajar adalah karakter Budhicarita (watak kecerdasan) yang memiliki kecenderungan pada hal spiritual. Kelima karakter lain tidak memiliki pengaruh sehingga tidak ada hubungan yang signifikan. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.  

Article Details

References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dharma, B., Wijoyo, H., & Anjayani, N. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddha terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik Kelas Sati di Sariputta Buddhist Studies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(2), 71-82.

Etika, W. (2019). Manfaat Etika dalam Berwirausaha menurut Pandangan Buddhis. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 1(1).

Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1-12.

Hamzah. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kaharuddin, Jinaratana Pandit. 2005. Abhidhammatthasangha. Jakarta: CV.Yanwreko Wahana Karya.

Mahavirothavaro, Mettadewi W, Dr. Douglas M. Burns. 2009. Meditasi II. Jakarta: CV. Yanwreko Wahana Karya.

Mahavirothavaro. 2001. Meditasi II. Jakarta: Vajra Dharma Nusantara.

Mangkuatmodjo, Soegyarto. 2004. Statistik Lanjutan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prayitno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020, November). ANALISIS UPAYA MENGEMBANGKAN KURIKULUM SEKOLAH MINGGU BUDDHA (SMB) TAMAN LUMBINI TEBANGO LOMBOK UTARA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 778-786).

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Meditasi Cinta Kasih untuk Mengembangkan Kepedulian dan Percaya Diri. Jurnal Maitreyawira, 1(2), 8–14.

Pranata, J., Wijoyo, H., & Suharyanto, A. (2021). Local Wisdom Values in the Pujawali Tradition. 4, 590–596. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1642

Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan, & Akdon. 2009. Rumus dan Data dalam. Bandung: ALFABETA.

Soedarsono, Soemarno. 2009. Karakter Mengantar Bangsa Dari Gelap Menuju Terang. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

The Dialogues of the Buddha. Vol IV (Digha Nikaya). Translated by T.W. and C.A.F Rhys David.

The Middle Length Saying Vol. I (Majjhima Nikaya). Translated by I.B. Horner. 2000. The Pali Text Society Oxford.

The Middle Length Saying Vol II (Majjhima Nikaya). Translated by I.B. Horner. 2002. The Pali Text Society Oxford.

The Middle Length Saying Vol III (Majjhima Nikaya). Translated by I.B. Hornes. 1999. The Pali Text Society Oxford.

The Word Of Doctrine (Dhammapada). Translated by Norman. 2000. Oxford: The Pali Text Society.

Tim Penyusun. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wijoyo, H., & Surya, J. (2017). Analisis penerapan Meditasi Samatha Bhavana di Masa covid-19 terhadap Kesehatan mental umat buddha vihara dharma loka pekanbaru. Sumber, 329.

Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.

Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.

Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Etika Wirausaha Dalam Agama Buddha. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2).