Main Article Content

Keti Keti

Abstract

Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui pengaruh faktor viriya (semangat) terhadap kinerja pengurus cabang Wanita Theravada Indonesia Kota Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan langkah-langkah yang digunakan secara sistematis untuk mengumpulkan data dalam melakukan penelitian dan membantu pembuatan karya ilmiah. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah anggota Wanita Theravada Indonesia Kota Tangerang. Objek penelitian ini adalah faktor viriya (semangat) dan kinerja pengurus Wanita Theravada Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei, menyebarkan angket kepada pengurus cabang dan anggota Wanita Theravada Indonesia. Terdapat dua angket yang dikembangkan yaitu angket faktor viriya (semangat) dan angket kinerja pengurus dan anggota Wanita Theravada Indonesia Kota Tangerang. Teknik keabsahan data mengunakan uji validitas dan reliabilitas.. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Teknik analisis data ini dimaksud untuk mengetahui apakah faktor viriya (semangat) pengurus memiliki pengaruh terhadap kinerja pengurus, mengukur kekuatan pengaruhnya, dan membuat ramalan yang didasarkan pada kuat lemahnya pengaruh tersebut. Peneliti menyimpulkan adanya pengaruh faktor viriya (semangat) terhadap kinerja Pengurus Cabang Wandani Thearavada Indonesia Kota Tangerang dan terdapat hubungan yang linear. Persamaan regresi linear dalam penelitian diperoleh nilai konstanta sebesar 34,131. Hasil tersebut menunjukkan jika variabel kinerja tidak dipengaruhi oleh faktor viriya (semangat) bernilai nol, maka besarnya rata-rata faktor viriya akan bernilai 34,131. Semakin tinggi faktor viriya (semangat) maka akan semakin besar kinerja yang dimiliki oleh pengurus cabang Wanita Theravada Indonesia.

Article Details

References
Dharma, B. ., Wijoyo, H. ., & Anjayani, N. S. . (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddha terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik Kelas Sati di Sariputta Buddhist Studies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(2), 71-82.
Fransisca, A. ., & Wijoyo, H. . (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1-12.
Kartini, Kartono. 2006. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Graffindo Persada.
Kuspriatni. 2017. Teori Organisasi Umum. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Notoatmojo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Prasetya Irawan. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: STIA LAN.
Robbins, Stephen P. 1994. Teori Organisasi Struktur.Desain dan Aplikasi. Jakarta: Arcan.
Sapardi. 2010. Kitab Suci Sutta Pitaka II. Tangerang: STABN Sriwijaya.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sukirman, Silvia. 2004. Tuntunan Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pelangi Cendikia.
Triton. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Tugu.
Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wijoyo, H., Santamoko, R., Muliansyah, D., Yonata, H., & Handoko, A. L.(2020).The Development Of Affective Learning Model To Improve Student's Emotional Quotient. Journal of Critical Reviews, 7(19), 9292-9297