Main Article Content

I Ketut Damana
Agus Leo Handoko

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kurang diketahuinya pola hidup sehat sangha Theravada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola hidup sehat Sangha Theravada di Indonesia ditinjau dari kasus Kitagiri sutta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus kitagiri sutta. Informan dalam penelitian ini adalah kepala vihara Sangha Theravada, Kepala Perpustakaan dan Bhikkhu Sangha Theravada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah nontest dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi yang menggunakan pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Teknik keabsahan data menggunakan bahan referensi dan member check. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (a) baimanakah bentuk-bentuk pola hidup sehat bagi Sangha Theravada di Indonesia. (b) apa strategi yang mempengaruhi pola hidup sehat bagi Sangha Theravada di Indonesia (c) hal apa saja yang menjadi kendala pola hidup sehat bagi Sangha Theravada di Indoensaia (d) Bagaimanakah respon bagi sangha terhadap pola hidup sehat ditinjau dari kitagiri sutta

Article Details

References
Eko Sujatmiko,(2014) Pustaka Kamus IPS , Surakarta: Aksara Sinergi Media Cetakan I.

Dhammapada. (2002). Sabda-Sabda Buddha Gotama. Dewi Kayana Abadi Jakarta.

Dharma, B. ., Wijoyo, H. ., & Anjayani, N. S. . (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddha terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik Kelas Sati di Sariputta Buddhist Studies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(2), 71-82. Retrieved from https://journal-stabdharmawidya.ac.id/index.php/contents/article /view/16

Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1-12.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Musbaing. (2020). Educational Policy: Understanding Tri Pusat Pendidikan (Education Centers) as Efforts to Reach Educational Objectives. International Journal of Asian Education, 1(2), 53-60. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.35

Muhamadin (2009), Agama-Agama di Dunia, Awfamedia: Palembang. CV Alfa

Lexy J. Moleong" (2010) Metodologi penelitian kualitatif, Penerbit: Bandung: Remaja Rosdakarya

Nawawi Imam. (2011) Riyadhus Shalihin Perjalanan Menuju Taman Surga. Jabal: Bandung

Karaniya. Teichman Jenny. (2003). Etika Sosial. Kanisius: Yogyakarta. CV.Alfa

Herdiansyah, haris. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Hendrick L. Blumm, 2012 The Environment of Health.Jakarta,Humanika

Rifuddin, B., Ilham, D., & K, N. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program: The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education, 1(2), 81-94. https://doi.org/ 10.46966/ijae.v1i2.34

Risky Candra Swari. 2012 Generasi Milenial.Jakarta. Humanika

Larry Green 2000 Pendidikan Kesehatan. Jakarta. Humanika

Susanti, A., Retnaningdyah, P. ., Ayu, A. N. P. ., & Trisusana, A. . (2020). Improving EFL Students' Higher Order Thinking Skills Through Collaborative Strategic Reading in Indonesia. International Journal of Asian Education, 1(2), 43-52. https://doi.org/10. 46966/ijae.v1i2.37

Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.

Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.

Wijoyo, H., & Surya, J. (2017). Analisis penerapan Meditasi Samatha Bhavana di Masa covid-19 terhadap Kesehatan mental umat buddha vihara dharma loka pekanbaru. Sumber, 329.

Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga PAUD Di Riau. JS (Jurnal Sekolah), 4(3), 205-212.

William, Haudi, & Wijoyo, H. . (2020). Manfaat Etika dalam Berwirausaha menurut Pandangan Buddhis. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 1(1), 45-54. Retrieved from https://journal-stabdharmawidya.ac.id/index.php/contents/article/view/13