Main Article Content

Grinata Kusuma
Hendrian Yonata
Hadion Wijoyo

Abstract

Budaya Tionghoa yang masih dijalankan di Indonesia ini memiliki keunikannya sendiri. Budaya ini sudah tidak sama lagi dengan budaya aslinya yang di Tiongkok karena sudah mengalami akulturasi dengan kebudayaan asli. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, kebudayaan masyarakat Tionghoa sudah tidak asing lagi, seperti kesenian Barongsai dan makanan (Chinese food). Tarian barongsai saat ini sudah membumi, dimana yang memainkannya sudah banyak dari kalangan pribumi Indonesia begitu juga dengan Chinese food. Barongsai ini merupakan bagian kecil dari kekayaan budaya Tionghoa. Dalam hal religi, orang Tionghoa pada dasarnya menganut ajaran Sam Kauw, yang merupakan perpaduan dari ajaran Kong Hu Cu, Tao, dan Buddha. Dalam Sam Kauw, ajaran yang paling menonjol dalam arti yang paling banyak mempengaruhi kehidupan orang-orang Tionghoa secara keseluruhan adalah ajaran Kong Hu Cu. Masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia tersebar di setiap kota-kota dan bahkan ke pelosok desa. Mereka umumnya tinggal di tempat-tempat yang disebut Kampung Pecinan. Orang-orang Tionghoa yang tinggal di Indonesia mendapat sebutan yang disesuaikan dengan daerah dimana mereka tinggal. Agama Buddha di Desa Rancahiyu berkembang dengan baik, umat Buddha mengeikuti kegiatan keagamaan dengan memeperthankan tradisi kebudayaan setempat yang masih dijalankan : budaya baca parita, budaya pattidana, budaya retret dan Pabbajja, budaya sesajian, dan budaya menajalankan ajaran Buddha.

Article Details

References
Adeng Muchtar Ghazali, (2011) Antropologi Agama Upaya Memahami Kepercayaan, Keyakinan dan Agama. Alfabetha Bandung

Andrianto, S., & Wijoyo, H. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Siswa Berbasis Web di Sekolah Minggu Buddha Vihara Dharmaloka Pekanbaru. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(2), 83-90.

Gondomo, (2013). Manusia dan Kebudayaan Han. PT. Kompas Media Nusantara Jakarta

Hidayat ZM, (1993). Maysarakat China dan Kebuyaaan China Indoensia. Tarsito Bandung

Iwan Santosa, (2012). Peranakan Tionghoa di Nusantara Catatan Perjalanan Dari barat Ke Timur. PT. Kompas Media Nusantara. Jakarta

Ivan Taniputera (2011). History of China. Az-Ruzz Media Jakarta

Marcus A.S (2015). Hari Raya Tionghoa.PT. Suara Harapan bangas Jakarta.

Musbaing. (2020). Educational Policy: Understanding Tri Pusat Pendidikan (Education Centers) as Efforts to Reach Educational Objectives. International Journal of Asian Education, 1(2), 53-60. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.35

Nio Joe Lan, (2013). Peradaban Tionghoa Selayang Pandang. Kepustkaan Populer Gramedia (KPG) Jakarta.

Oka Diputhera, (2006). Agama Buddha Bangkit. Arya Surya Candra Berseri Jakarta

Rifuddin, B., Ilham, D., & K, N. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program: The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education, 1(2), 81-94. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.34

Ririn Darini, (2020). Sejarah Kebudyaan indoensia Masa Hindu Buddha. Anggota IKAPI Ombak. Jakarta

Sasanapuetera SatyaDharma. (2004). Pemata Tridharma. Yaodhara Puteri. Jakarta

Simon, (2008). Teori-teori Budaya dalam prespekti unsur kebudyaaan . Grasindo press Surabaya

Sulasman, (2014). Teori-Teori Kebuydanan dari Teori Hingga Aplikasi. Pustaka Setia Bandung

Susanti, A., Retnaningdyah, P. ., Ayu, A. N. P. ., & Trisusana, A. . (2020). Improving EFL Students’ Higher Order Thinking Skills Through Collaborative Strategic Reading in Indonesia. International Journal of Asian Education, 1(2), 43-52. https://doi.org/10. 46966/ijae.v1i2.37

Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha di Masa Pandemi Covid-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.

Wijoyo, H., Handoko, A. L., Santamoko, R., & Sunarsi, D. (2020). Strategy Model For Character Education Through Digital Media for Courses and Training Participants. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 1-8.

Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.

Wijoyo, H. Peranan Lohicca Sutta Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Dosen di STMIK Dharmapala Riau. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 315-322.