Peranan Kebahagiaan terhadap Kehidupan Manusia Menurut Pandangan Agama Buddha
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini diangkat dari permasalahan yang timbul dalam kehidupan masyakarat dalam menyikapi tentang kebahagiaan sebagai tujuan hidup manusia. Kebahagiaan pada umumnya karena terpenuhinya keinginan-keinginan, baik materi maupun batin. Sehingga sering terjadi pada seseorang ketika akan memenuhi keinginan-keinginannya dengan melakukan berbagai cara untuk memenuhinya, bahkan terkadang dengan cara-cara yang tidak benar. Mereka kurang menyadari bahwa ketika keinginan satu telah terpenuhi, keinginan lain telah berderet menanti dan meminta untuk dipenuhi. Keinginan yang tidak terkendali dan berlebihan akan menimbulkan keserakahan. Sikap serakah sangat merugikan bagi diri sendiri dan orang lain, jangankan mencapai tujuan hidup yaitu bahagia malah menjadi sebaliknya. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, penulis menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan data yang berhubungan dengan permasalahan yang menjadi obyek penelitian yang bersumer pada buku-buku dan literatur-literatur secara analisis deskriptif. Dengan penelitian ini akan terlihat pernanan kebahagiaan pikiran terhadap kehidupan manusia menurut agama Buddha. Bahwa kebahagiaan yang sesungguhnya bukanlah terpenuhinya keinginan melainkan terbebas dari keinginan. Akhirnya penulis mengharapkan agar penelitian ini dapat membantu seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya yaitu kebahagiaan
Article Details
_________. 2003. Anguttara Nikaya 3. Klaten: Vihara Boddhivamsa dan Wisma Dhammaguna
__________. 2008. Majjhima Nikiaya 6. Klaten: Vihara Boddhivamsa dan Wisma Dhammaguna
__________. 2009. Dhiga Nikaya. Jakarta: Dhamma Citta Press
__________. 2013. Dhammapada. Singkawang: Bahussuta Society
Ajahn Barhm. 2012. Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya. Pulau Bidadari: Awareness Publication
Ajahn Barhm. 2013. Bukan Siapa Siapa. Pulau Bidadari : Awareness Publication
Ajahn Brahm. 2012. Horeee! Guru Si Cacing Datang. Pulau Bidadari: Awareness Publication
Bhikkhu Bodhi. 2010. Tipitaka Tematik. Jakarta: Ehipassiko Foundation
De Mello, Antony. 2011. Land Of Love (Menjadi Cinta Berdasarkan Hidup Berkesadaran). Pulau Bidadari : Awareness Publication
Departemen Pendidikan Nasional. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dhammananda,Dr,K,Sri. 2005. Keyaninan Umat Buddha. Jakarta: Ehipassiko Foundation
Dhammananda,Dr,K,Sri. 2011. No Worry (Cara Hidup Bebas Bahagia). Jakarta: Ehipassiko Foundation
Hartiningsih, Maria. 2012. Secangkir Teh Bersama Guru. Jakarta: Ehipassiko Foundation
Hirata, Andrea. 2007. Edensor, Yogyakarta: Bentang Anggota IKAPI
Musbaing. (2020). Educational Policy: Understanding Tri Pusat Pendidikan (Education Centers) as Efforts to Reach Educational Objectives. International Journal of Asian Education, 1(2), 53-60. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.35
Mon, Mehn Tin. 2011. Karma Pencipta Sesungguhnya. Bogor: Yayasan Hadaya Vatthu
Narada. 1998. Sang Buddha dan Ajaran AjaranNya. Jakarta: Yayasan Dhammadipa Arama
Nova, Satria.2012. Catatan Nurani Seorang Muslim. Jakarta: PT Gramedia
Nyanatiloka Mahathera’s. 2005. Hidup Bebas Bahagia. Surabaya: Buddhist Magazine Press
Rifuddin, B., Ilham, D., & K, N. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program: The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education, 1(2), 81-94. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.34
Sayadaw, Mahasi. 2010. Komentar Anattalakhana Sutta, Malunkyaputta Sutta, Ariyavasa Sutta. Jakarta Dhammacitta Press
Sugiryo, Ayo.2016. From Home With Love. Pati: Fire Publisher
Surohadikusumo,Dr,Sabdono. 2006. Kemana Mencari Tuhan. Yogyakarta: Pustaka Dian
Susanti, A., Retnaningdyah, P. ., Ayu, A. N. P. ., & Trisusana, A. . (2020). Improving EFL Students’ Higher Order Thinking Skills Through Collaborative Strategic Reading in Indonesia. International Journal of Asian Education, 1(2), 43-52. https://doi.org/10. 46966/ijae.v1i2.37
Tim Penyusun. 2005. Paritta Suci. Jakarta: Yayasan Sangha Theravada Indonesia dan Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya.
Tim Penyusun. 2010. Mengenal Lebih Dekat Kebahagiaan dan Lenyapnya Penderitaan. Jakarta: DPD PATRIA DKI Jakarta.
Virya, Jhana. 2009. Membina Keluarga Hita Sukhaya. Jakarta: CV. Yanwreko Wahana Karya.
Warsana. 2009. Pokok Pokok Dasar Ajaran Buddha. Jakarta: CV.Yanwreko Wahana Karya.
Widjaja, Hendra dan Vijjananda, Handaka. 2011. Pernikahan Bahagia. Jakarta: Ehipassiko Foundation.
Widya, Wira Utama. 2012. Mengenal Lebih Dekat Kebahagiaan dan Lenyapnya Penderitaan. Jakarta: DPD PATRIA DKI.
Wijaya-Mukti, Krishnanda. 2003. Wacana Buddha-Dhamma. Jakarta: Yayasan Dharmma Pembangunan.
Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.
Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.
Wijoyo, H., & Surya, J. (2017). Analisis penerapan Meditasi Samatha Bhavana di Masa covid-19 terhadap Kesehatan mental umat buddha vihara dharma loka pekanbaru. Sumber, 329.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga PAUD Di Riau. JS (Jurnal Sekolah), 4(3), 205-212.
Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.
William, Haudi, & Wijoyo, H. . (2020). Manfaat Etika dalam Berwirausaha menurut Pandangan Buddhis. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 1(1), 45-54. Retrieved from https://journal-stabdharmawidya.ac.id/index.php/contents/article/view/13
Zain, Nurmayanti.2013. Benang Merah. Jakarta: Qibla
Zinn, Jhon Kabat. 2013. Wherever You Go, There You Are. Bandung: Yayasan Penerbit Karaniya.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.