Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai PUEBI dengan sistematika penulisan sebagai berikut:

1. Judul Artikel

Tuliskan judul dengan singkat dan jelas, menggambarkan hasil kajian atau hasil penelitian.

2. Nama Penulis

Nama ditulis tanpa gelar. Jika penulis lebih dari satu orang, maka antara penulis satu dengan penulis selanjutnya diberi tanda koma (,). Penulis pertama diberi nomor 1 (superscript) diakhir nama, penulis kedua diberi nomor 2 (superscript), dan seterusnya.

3. Afiliasi / Asal Instansi Penulis

Instansi pertama menyesuaikan dengan urutan nama penulis dan diberi tanda titik koma (,) untuk pemisah antara afiliasi, dan diberi nomor (superscript) sesuai dengan nomor pada penulis.

4. Alamat Email Korespondensi

Tuliskan alamat email untuk masing-masing penulis. Berikan tanda asterisk (*) pada email penulis korespondensi.

5. Abstrak

Abstrak berisi: (1) penyajian latar belakang dan tujuan utama kajian atau penelitian, tanpa referensi, tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote; (2) penjelasan metode pelaksanaan kajian atau penelitian; (3) rangkuman hasil temuan dari kajian atau penelitian, dan pembahasan hasil kajian atau penelitian; dan (4) kesimpulan dirangkum dengan menekankan pada aspek baru dan penting dari hasil kajian atau penelitian yang dilaksanakan.

6. Kata Kunci

Tuliskan 3 – 5 kata atau frase unik yang relevan dan mewakili artikel ini.

7. Pendahuluan

Pendahuluan memuat latar belakang dan urgensi, dengan memuat hal-hal sebagai berikut: (1) Memberikan pengantar tentang substansi artikel sesuai dengan topik dan masalahnya, terutama alasan-alasan baik teoretis maupun empiris yang melatar belakangi kegiatan penulisan artikel. (2) Memuat secara eksplisit dengan singkat dan jelas tentang arah, maksud, tujuan serta kegunaan artikel agar substansi artikel tidak menimbulkan kerancuan pengertian, pemahaman dan penafsiran makna bagi pembacanya. (2) Pergunakan dan kembangkan kata-kata kunci sesuai dengan topik dan permasalahannya kemudian rangkaikan menjadi kalimat-kalimat dengan menggunakan tata bahasa yang baku.

8. Metode 

Metode memuat hal-hal berikut: (1) Tempat dan Waktu (lokasi kegiatan dan waktu pelaksanaan; (2) Khalayak sasaran (siapa dan bagaimana cara menentukannya); (3) Metode yang digunakan; (4) Indikator Keberhasilan; dan (5) Metode Evaluasi (teknik melakukan evaluasi untuk mengukur ketercapaian indikator keberhasilan). Metode secara garis besar menggambarkan: ? Data gathering ? Data processing ? Data analyzing

9. Hasil dan Pembahasan

Hasil kegiatan disampaikan terlebih dahulu secara keseluruhan, yang dilanjutkan dengan melakukan proses pembahasan. Pembahasan disajikan secara sistematis dari umum, kemudian mengarah pada yang spesifik. Presentasi hasil dapat dilakukan dengan bantuan tabel, gambar / grafik, peta / rencana, dan skema. Selain itu, hasil dan pembahasan yang disajikan juga saling berhubungan dengan teori yang digunakan.

10. Kesimpulan

Kesimpulan dari hasil kajian atau penelitian ditulis singkat dengan mengemukakan apa yang baru dari kegiatan yang telah dilaksanakan, manfaat bagi masyarakat, dan kontribusi teoritik. Selain itu, saran atau rekomendasi untuk kegiatan pengabdian berikutnya juga perlu disertakan.

11. Ucapan Terimakasih

Tuliskan ucapan terimakasih kepada institusi / lembaga mitra dan lembaga penyandang dana atau sponsor atau pemberi hibah.

12. Referensi

Daftar pustaka ditulis berdasarkan model APA 6th (American Psychological Association). Sangat disarankan menggunakan reference manager (Mendeley atau Zotero). Sumber-sumber yang dirujuk dan minimal 80% berupa pustaka terbitan 5 tahun terakhir.